Sabtu, 20 Maret 2010

Sistem layanan Sirkulasi Perpustakaan

SISTEM INFORMASI

LAYANAN SIRKULAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI
JREBENG KULON II PROBOLINGGO


PENDAHULUAN

Tujuan utama setiap perpustakaan seklah adalah mengusahakan agar koleksiyang dimiliki dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa ataupun guru. Hal ini merupakan kegiatan layanan perpustakaan (sekolah), yaitu sub unit kerja di perpustakaan, yang mempunyai tugas pokok untuk memberikan pelayanan, bimbingan, informasi dan pengarahan berikut pengadministrasiannya agar para pemakai jasa perpustakaan dapat memperoleh kesempatan memperoleh kesempatan dan fasilitas semaksimal mungkin untuk menelusur dan mempelajari informasi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhannya. Jadi pengertian dari layanan perpustakaan adalah seluruh kegiatan penyampaian bantuan kepada pemakai melalui berbagai fasilitas, aturan, dan cara tertentu pada sebuah perpustakaan agar seluruh koleksi perpustakaan dimanfaatkan semaksimal mungkin. ( by indi harsono )


Sirkulasi Bahan Pustaka

Pelayanan sirkulasi bahan pustaka atau peminjaman bahan pustaka adalah kegiatan yang mengatur peredaran bahan pustaka secara terorganisir melalui system, cara, aturan dan administrasi yang sesuai dengan jenis perpustakaan yang diselenggarakan. Hal ini dimaksudkan agar seluruh koleksi yang ada diperpustakaan beredar dan dimanfaatkan semaksimal mungkin secara merata baik kepada siswa, guru ataupun anggotanya.

METODOLOGI


A. Letak Perpustakaan

Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo Kecamatan Kademangan , Kotamadya Probolinggo. SD ini dulu fasilitas dan gedungnya sangat kurang,tetapi sekarang SD ini lumayan baik. SD ini diberi nama SDN Jrebeng Kulon II, SDN ini letaknya menghadap kebarat, ukurannya cukup luas. ( by Edisman )


B. Sumber Data

1. Tempat dan Peristiwa

Tempat dan peristiwa meliputi tempat pelayanan sirkulasi perpustakaan di sekolah maupun peristiwa berlangsungnya yaitu di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo Peristiwa yang dimaksud mencakup juga antar sejumlah anggota perpustakaan sekolah yang memungkinkan.


2. Arsip dan Dokumen

Arsip dan dokumen adalah arsip dan dokumen yang meliputi pelayanan sirkulasi bahan pustaka di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo serta perangkat administrasi perpustakaan yang relevan. Sumber ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pelayanan sirkulasi di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo ( Irsal )
Tujuan setiap perpustakaan sekolah adalah mengusahakan agar koleksi yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa, guru di sekolah. Hal ini merupakan serangkaian kegiatan layanan dalam perpustakaan sekolah yang mempunyai tugas pokok untuk memberikan pelayanan. Bimbingan, informasi dan pengarahan beserta pengadministrasiannya agar para pemakai jasa perpustakaan dapat memperoleh kesempatan serta fasilitas yang maksimal guna menelusuri dan mempelajari informasi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Pekerjaan-pekerjaan yang harus dikerjakan dalam melayani peminjaman buku perpustakaan sekolah merupakan kelanjutan dari pekerjaan-pekerjaan yang telah dikerjakan dalam mengolah/memproses buku dan penyimpanan di rak, serta penyimpanan kartu-kartu katalognya di almari analog. ( by Sudarwin Jusuf Tampunu )
Dalam proses belajar mengajar , buku memegang peranan penting karena salah satu sisi pengajaran diperoleh melalui membaca buku. Untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan, disekolah biasanya tersedia perpustakaan. Tabel Koleksi Pustaka SD Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo Ditinjau dari segi manajemen perpustakaan , perpustakaan SDN Jrebeng Kulon II Probolinggo . Ini terbukti dari ketertiban dan keteraturan cara mengelola perpustakaan. seperti setiap jenis buku diberi katalog dan nomer agar mudah dicari. Untuk proses peminjaman buku, siswa diwajibkan menjadi anggota perpustakaan SD Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo dengan cara membeli kartu anggota seharga Rp 500, -. Sesudah itu siswa secara bebas memilih buku-buku yang akan mereka pinjam dan bias di bawa pulang kerumah masing-masing, dan nantinya akan dicatat oleh petugas perpustakaan buku apa yang dipinjam dan kapan harus dikembalikan, atau j ika harus memungkikan kena denda karena keterlambatan mengembalikan. Bagi siswa yang meminjam buku perpustakaan dan di bawa pulang diberi batas wakt yaitu selama1 minggu, jika lebih dari 1 minggu maka siswa diwajibkan membayar denda keterlambatan tersebut. Keterlambatan pengembalian buku yang dipinjam dikenakan denda Rp 100/hr. Tidak menutup kemungkinan buku yang dipinjam siswa dan di bawa pulang kadang-kadang hilang, maka siswa tersebut harus mengganti buku yang sama ataupun mengganti dengan uang sebesar harga buku tersebut. Adapun jalur peminjaman buku di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo adalah sebagai berikut : ( by Sukirwan Arwan )


1. Siswa masuk di perpustakaan sesuai dengan jadwal peiminjaman dengan membawa kartu peminjaman

2. Siswa memilih buku yang akan di pinjam (sesuai dengan kebutuhan siswa)

3. Siswa memberikan kartu peminjaman kepada petugas perpustakaan untuk dicata buku apa yang dipinjam, tanggal berapa siswa meminjam, kapan harus mengembalikan lagi.

4. Proses peminjaman selesai dan siswa boleh pulang dengan membawa buku yang dipinjam dari perpustakaan. yang akan dipinjam

5. Pencatatan buku yang dipinjam dan tanggal kembali Perpustakaan Sekolah Dasar


Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo juga mempunyai beberapa barang inventaris antara lain : Almari perpustakaan Meja Kursi petugas



SIMPULAN DAN SARAN


A. Simpulan

Dari rangkaian kegiatan layanan perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Dilihat dari bahan koleksi pustaka, perpustakaan SD Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo belum memenuhi standar kebutuhan yang dibutuhkan oleh siswa maupun guru guna memperlancar kegiatan belajar mengajar.

2. Dilihat dari manajemen perpustakaan, layanan sirkulasi bahan pustaka di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo sudah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

3. Dilihat dari sirkulasi pelayanan peminjaman, perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo sudah baik, dibuktikan dengan adanya jadwal meminjam dan membaca bagi siswa.

B. Saran

Dari simpulan perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo di atas dapat disarankan sebagai berikut :

Bagi pengguna perpustakaan dalam hal ini yang paling sering memakai adalah siswa supaya dibuatkan semacam kartu peminjam yang lebih baik yang nantinya bisa digunakan untuk meminjam koleksi pustaka di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon II Probolinggo .( by Palwanda )
































Tidak ada komentar: